Tuesday, October 15, 2013

Kisah Musa Mengambil Mayat Seorang Yahudi Kekasih Allah Di Tempat Sampah


 mayat sampah

قال رسول الله صلي الله عليه وسلم : الفاجر الراجي رحمة الله تعالى اقرب الى الله تعالى من العابد المقنط
 
Rasulullah SAW bersabda : Orang yang berbuat jahat yang berharap rohmat Allah yang Maha Luhur lebih dekat kepada Allah yang Maha Luhur daripada orang yang ahli beribadah yang memutuskan (rahmat Allah)
Diceritakan pada zaman Nabi Musa As. ada seorang fasik (orang yang suka melakukan maksiat) yang meninggal dunia, orang-orang disekitarnya enggan memandikan dan menguburnya karena ulah buruk yang sering ia lakukan. Mereka pun menyeret kakinya dan membuangnya di tempat penampungan sampah.
Kemudian Allah memberikan wahyu kepada Nabi Musa “Wahai Musa, pada suatu perkampungan ada seseorang yang meninggal dunia dan dibuang di tempat penampungan sampah. Orang itu adalah salah satu dari kekasih-Ku. Tetapi orang-orang disekitarnya enggan untuk memandikan, mengkafani, dan menguburnya. Maka pergilah kamu, kemudian mandikan ia, berikan kafan dan sholatilah ia, setelah itu kuburlah ia…!!!”.
Kemudian Nabi Musa As. pun segera pergi mencari dan menemui pendudukperkampungan tersebut. Beliau bertanya kepada penduduk kampung tersebut tentang mayat seorang laki-laki yang dibuang di tempat penampungan sampah. Mereka mengatakan bahwa telah meninggal dunia seorang dengan sifat yang buruk.
Ia adalah orang yang terang-terangan dalam melakukan kefasikan. Nabi Musa berkata “Dimana tempatnya ? karena sesungguhnya Allah telah memberikan wahyu kepadaku tentang orang tersebut.”. Para penduduk kampung pun segera mengantarkan Nabi Musa ke tempat dimana mayat orang tersebut dibuang.
Setelah sampai pada tempat penampungan sampah tersebut, Nabi Musa melihat mayat seseorang yang dibuang disana. Penduduk kampung tersebut mengatakan kepada beliau tentang keburukan akhlaq orang itu. Kemudian Nabi Musa bermunajah kepada Allah “Wahai tuhanku, Engkau telah memerintah kepadaku untuk menyolati dan menguburnya, tetapi para penduduk telah memberi kesaksian buruk terhadapnya. Maka Engkau lebih mengetahui dari pada mereka atas kebaikan dan keburukannya !!!”.
Kemudian Allah memberikan wahyu kepada Nabi Musa “Wahai Musa, benar apa yang telah diceritakan para penduduk atas keburukan tentangnya. Tetapi ia telah memohon pertolongan kepada-Ku dengan tiga perkara saat menjelang kematiannya. Jikalau semua para pendosa meminta kepadaku dengan tiga perkara tersebut, niscaya aku akan memberikannya, sedangkan ia hanya meminta seorang diri. Dan Aku adalah dzat yang lebih pengasih dari semua orang yang pengasih…!!!”.
Nabi Musa pun bertanya “Wahai tuhanku, apa tiga perkara tersebut ???”. Allah pun berkata “Ketika telah dekat waktu kematiannya, ia berdo’a “Wahai tuhanku, Engkau mengetahui tentangku. Sungguh aku telah melakukan maksiat, sedangkan di dalam hatiku membenci melakukannya. Tetapi telah menyatu tiga perkara sehingga aku melakukan maksiat sedangkan hatiku membencinya, yaitu hawa nafsu, teman yang buruk, dan iblis laknatullah dan tiga perkara ini yang menjadikan aku senang melakukan maksiat.
Wahai tuhanku, sesungguhnya Engkau mengetahui tentangku atas apa yang telah aku ucapkan, maka ampunilah aku !!!”. Kedua, ia berdo’a “Wahai tuhanku, sesungguhnya Engkau mengetahui aku melakukan maksiat dan tempatku bersama orang-orang fasik. Tetapi aku senang bergaul dengan orang-orang yang sholeh, dan tempatku bersama orang-orang sholeh lebih aku sukai dari pada bersama orang-orang fasik !!!”.
Ketiga ia berdo’a “Wahai tuhanku, Engkau mengetahui bahwa aku lebih suka bersama dengan orang-orang yang sholeh daripada bersama orang-orang yang fasik, sehingga jika aku bertemu dengan dua orang, seorang yang sholeh dan seorang pembual, maka aku akan mendahulukan kepentingan seorang yang sholeh daripada seorang pembual.
Wahai tuhanku, jika Engkau memaafkan dan mengampuni dosa-dosaku, maka para kekasih dan para nabi-Mu akan turut senang, sedangkan syetan musuhku dan mush-Mu akan bersedih karenanya. Tetapi jika engkau menyiksaku, maka syetan beserta kawan-kawannya akan turut senang, sedangkan para nabi dan kekasih-Mu akan bersedih.
Sesungguhnya aku mengetahui bahwa kegembiraan para kekasih-Mu lebih Engkau cintai daripada kegembiraan syetan dan kawan-kawannya, maka ampunilah aku !!! Ya Allah, sesungguhnya engkau mengetahui atas apa yang telah aku ucapkan, maka ampunilah aku dan kasihanilah aku”.
Kemudian Aku mengasihani dan mengampuninya karena sesungguhnya Aku adalah dzat yang penyayang dan pengasih bagi orang yang mengakui dosa-dosanya dihadapa-Ku. Dan orang ini telah mengakui dosanya, maka aku mengampuni dan mengasihaninya.
Wahai Musa, lakukan apa yang telah aku perintah karena sesungguhnya demi menghormatinya, aku mengampuni orang yang mau menyolati dan mengubur jenazahnya !!!”.
Kemudian Nabi Musa beserta segenap penduduk kampung memandikan, memberi kafan dan menyolati serta mengubur jenazah orang tersebut, berharap mereka semua akan mendapat ampunan dari Allah tuhan semesta alam.
Kisah ini diambil dari Kitab Mawa’idlul Ush’furiyyah karangan Syekh Muhammad bin Abi Bakar, hal. 3.
Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga kita mampu mengintropeksi dan menyadari atas dosa-dosa yang telah kita lakukan, berharap rahmat dan magfiroh-Nya akan senantiasa menyelimuti kita…amiin Ya Arhamr Rohimin,
islam kristian kata hikmah saint dosa
Sumber Arjurohmah Blog

No comments: